XML

Keuntungan XML

Keuntungan XML adalah :

1. Extensibilitas

Kita dapat menentukan tag – tag apa saja yang akan kita gunakan tanpa ada batasan.

2. Memisahkan data dengan presentasi

Sebuah data dapat hanya berisi data saja tanpa ada informasi lain bagaimana cara menampilkannya. Karena dokumen XML menjelaskan isi datanya sendiri.

3. Fungsi search lebih cepat

Informasi yang tersimpan akan lebih mudah ditemukan meskipun berbeda platform.

4. Dapat ditukar atau digabung dengan dokumen lain

Dengan memisahkan isi data dengan presentasi, maka akan mempermudah penggabungan data dari berbagai macam sumber.

5. Penyederhanaan aplikasi

Untuk mengakses data menjadi lebih sederhana, client tidak perlu memerlukan lisensi atau hak akses terhadap data.

Portable Data

XML memungkinkan penggunaan data secara cross-platform, leng term data format. Dengan demikian, dokumen yang kita buat melalui suatu platform dapat digunakan diplatform lain bahkan dengan program yang berbeda.

XML sangat mudah, well-documented, format data terbuka. Dokumen XML adalah text yang dapat dibaca dengan tools apapun yang dapat membaca data text. Tidak hanya data, tapi text markup juga, dan ini dipresentasikan didalam file XML sebagai tag. Untuk mencari dokumen yang sesuai, dapat dilakukan dengan cara membaca tag name secara langsung, karena setiap elemen dibatasi langsung dengan tag, sehingga kita dapat mengabaikan tag – tag yang tidak ada hubungannya dengan pencarian hingga sampai pada akhir baris.

Bagaimana XML Bekerja

Seperti yang dijelaskan di atas, XML merupakan markup language. Namun, berbeda dengan HTML yang memerintahkan web browser bagaimana menampilkan informasi, XML hanya menandai informasi secara terstruktur sehingga memudahkan aplikasi lain untuk menggunakan dokumen tersebut. Seperti halnya HTML, XML juga menggunakan tag-tag. Jika tag-tag pada HTML bisifat baku, tag-tag pada XML dapat dibuat sendiri, sesuai dengan kebutuhan. Untuk memuahkan aplikasi embaca tag-tag apa saja yang memuat informasi serta struktur hirarkinya.

Verbatim

DataLife MF 2HD

10

3.5”

black

floppy disks

Dokumen diatas merupakan text yang akan disimpan menjadi sebuah file dengan extensi *.xml. Kita dapat mengubah file tersebut dengan berbagai macam text aplikasi text editor, seperti notepad, BBEdit, jEdit, UltraEdit, Emacs, atau vi. Kita tidak perlu menggunakan editor XML secara khusus. Tetapi jika kita ingin menggunakan text editor XML secara khusus dimana proses editor akan lebih mudah dan mengandung autocorrect, kita dapat menggunakan NetBeans IDE 6.x, Dreamweaver atau XML editor lainnya yang dapat didownload disitus tertentu.

Program yang sebenarnya mencoba untuk memahami isi (conten) dari dokumen XML dengan menggunakan XML parser untuk membaca dokumen tersebut. Parser berfungsi membagi dokumen kedalam elemen, atribut, dan bagian lain yang lebih kecil. Hasil parser dari dokumen XML ini digunakan ke aplikasi secara bagian per bagian. Jika setiap pointer pada hasil parser terdapat pelanggaran sintaks terhadap well-formedness rule dari XML, maka parser akan mengirim pesan eror keaplikasi dan aplikasi akan menghentikan parsing. Pada beberapa kasus, parser mungkin akan melanjutkannya pada sebuah dokumen, melewatkan original error, sehingga ini dapat diketahui dan respon error lain yang akan terjadi didalam dokumen.

Aplikasi yang menerima data dari parser seperti :

1. Web browser seperti Netscape atau Internet Explorer yang menampilkan document untuk dibaca

2. Word processor seperti StarOffice Writer yang memuat dokumen XML untuk diubah

3. Database seperti Microsoft SQL Server yang menyimpan data XML dalam record yang baru

4. Drawing program seperti Adobe Illustrator yang menginterpretasikan XML sebagai koordinat dua dimensi untuk content dari sebuah gambar

5. Spreadsheet sperti Gnumeric yang memparser XML untuk mencari number dan fungsi yang digunakan pada kalkulator

6. Personal finance program seperti Microsoft Money yang membaca XML sebagai bank statemen

7. Syndication program yang membaca dokumen XML dan mengekstrak headline untuk today’s news

8. Program yang ditulis dengan Java, C, Python, atau bahasa pemograman lain yang menggunakan sesuai dengan keinginan pembuat program

Perbedaan XML dengan yang lain adalah format yang fleksibel untuk data. Dalam teori, semua data yang disimpan dkomputer dapat dijadikan XML format. Pada kenyataannya XML hanya cocok untuk menyimpan dan penukaran semua data yang dapat di-encode sebagai text. XML tidak cocok untuk data multimedia seperti photographs, recorded sound, video, dan lain-lain yang sangat besar bit sequence-nya.

Template by Themes Blogger